Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru

 

Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) H. Hasan Thoha menyerahkan piagam penghargaan kepada H. Noorhin Harun yang menyerahkan wakaf tanah seluas 20.000 m2 saat Grand Launching RSI Sultan Agung Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis 9 Desember 2021. (Dok. YBWSA)


    BANJARBARU, lpmtransferin.com - Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) H Hasan Thoha meresmikan Grand Launching Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru yang terletak di Jalan A. Yani KM 17,5 Kompleks Kota Citra Graha (KCG), Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (9/12).

        Grand Launching ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum YBWSA H. Hasan Thoha dan H. Noorhin Harun, pengusaha yang mewakafkan tanah untuk rumah sakit seluas 20.000 m2. Penandatangan itu disaksikan Sekda Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si., Ketua Dewan Pembina YBWSA H. Azhar Combo, Kepala Board of Director (BOD) RSI Sultan Agung Group dr. H. Masyhudi AM, M.Kes. dan Direktur RSI Sultan Agung Banjarbaru dr. Rifqiannoor, MARS.

        Ketua Umum YBWSA H. Hasan Thoha dalam sambutanya mengatakan, YBWSA berencana akan mendirikan rumah sakit yang sama di tiap provinsi di Indonesia.

        Sekda Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si. dalam sambutan mewakili Wali Kota Banjarbaru menyampaikan penghargaan atas berdirinya rumah sakit tersebut.

        RSISA Banjarbaru merupakan rumah sakit umum berprinsip syariah cabang pertama dari RSI Sultan Agung Group di Semarang dan dimiliki oleh YBWSA. Rumah sakit tersebut beroperasi setelah menerima izin operasional dari Kemenkes 31 Maret 2021. 

        Direktur RSISA Banjarbaru dr. Rifqiannoor, MARS menjelaskan bahwa rumah sakit yang dipimpinnya tersebut dilengkapi sarana pelayanan unggulan, yaitu Klinik Eye Center dan Urologi Center. 

        RSISA Banjarbaru siap melayani pasien BPJS Kesehatan per 1 Desember 2021 yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara RSISA Banjarbaru dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banjarmasin.  Penandatangan tersebut diwakili oleh Kepala Board of Director RSISA Group dr. H. Masyhudi AM, M.Kes. dan Direktur RSISA Banjarbaru dr. Rifqiannor, MARS. 

        Pelayanan BPJS Kesehatan di RSISA Banjarbaru dapat terjamin melalui rujukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), rujukan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) antar Rumah Sakit, dan Pelayanan Gawat Darurat di IGD.

        Adapun pelayanan kesehatan bagi pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSISA Banjarbaru terdiri dari Klinik Spesialis, Gigi, dan Umum, Pelayanan IGD 24 Jam, Rawat Inap (VIP, Kelas 1, Kelas 2, dan Kelas 3, ICU/PICU/NICU, dan Kamar Operasi), dan Pelayanan Penunjang (Laboratorium, Farmasi, dan Radiologi).

        Kepala Board of Director (BOD) RSI Sultan Agung Group dr. H. Masyhudi AM, M.Kes. dalam sambutanya mengajak warga Banjarbaru untuk memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Dia berjanji untuk meningkatkan pelayanan kesehatan akan terus bersama-sama melengkapi dan meningkatkan peralatan kedokteran yang canggih.

"Kehadiran rumah sakit ini harus punya manfaat dan dirasakan manfaatnya oleh umat. Untuk pelayanan pasien BPJS dijamin sama dengan pasien non BPJS,’’ tegas Masyhudi.

        Mengusung semangat syariah dan menonjolkan jargon berkhidmat, dr. Rifqi menyebut RSISA Banjarbaru juga sudah bekerja sama dengan Lazis Sultan Agung untuk melaksanakan kegiatan sosialnya.

"Kita juga melaksanakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), seperti medical check up untuk para santri, santriwati, dan tuan guru, sunatan masal, operasi katarak masal, serta operasi bibir sumbing yang juga bekerja sama dengan Smile Train," paparnya.

        Tak hanya itu, RSI Sultan Agung Banjarbaru juga memberikan Afiat Card (kartu sehat) khusus untuk para tuan guru. 

        Semoga RSISA Banjarbaru dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat Banjabaru khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya, sesuai dengan motto RSISA Banjarbaru, yaitu "Mencintai Allah, Menyayangi Sesama, Berkhidmat Menyelamatkan Ummat".


Author: Yusuf Kusuma Dewa


Referensi:

https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/11/29/rs-islam-sultan-agung-banjarbaru-mulai-layani-pasien-bpjs-grand-launching-digelar-9-desember-2021 

https://portalpekalongan.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1913195165/rsi-sultan-agung-banjarbaru-resmi-beroperasi-ybwsa-akan-bangun-rs-di-tiap-provinsi

https://jatengdaily.com/2021/grand-launching-rsi-sultan-agung-banjarbaru-ybwsa-akan-bangun-rs-di-tiap-provinsi/ 

https://kalsel.prokal.co/read/news/45502-rsi-sultan-agung-banjarbaru-diresmikan-sediakan-kartu-sehat-khusus-tuan-guru.html

https://koranbanjar.net/launching-rsi-sultan-agung-banjarbaru-pelayanan-sesuai-syariat-islam/