CARA MUDAH MENGUMPULKAN SKK

        


       Sistem Kredit Kegiatan (SKK) adalah poin yang didapatkan oleh mahasiswa ketika mengikuti kegiatan di kampus atau di luar kampus Unissula. Setiap mahasiswa mulai angkatan 2015 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan yang ada dalam Sistem Informasi Kegiatan dan Prestasi Ekstrakurikuler (SIKAPE), dan mengumpulkan poin SKK minimal 100 poin sebagai syarat kelulusan menurut Buku Panduan SKK dan SIKAPE. (BAB IV poin 4 Halaman 5)

        "Minimal SKK yang harus didapatkan mahasiswa sebagai syarat kelulusan adalah 30", tutur dari dr Yani, Ka.Bag Kemahasiswaan sebelumnya. Dengan pernyataan tersebut membuat kebingungan bagi mahasiswa harus mengumpulkan 30 poin atau 100 poin. "30 bisa lulus kok", kata salah satu mahasiswa S1 Kedokteran FK Unissula Angkatan 2017.

        Setiap kegiatan memiliki poin dan bobot SKK masing-masing sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Badan Khusus Satuan Kredit Kegiatan (BKSKK) BEM FK Unissula dalam buku panduan SKK FK Unissula. Dalam buku tersebut terdapat SKK Wajib dan SKK Lanjutan. SKK Wajib atau SKK Dasar ini terdiri dari 3 kegiatan berikut:

    Selain SKK Wajib yang harus didapatkan oleh mahasiswa. Cara paling mudah untuk mendapatkan SKK adalah :
Menjadi Pengurus Ormawa, Angkatan atau Asisten Laboratorium
    Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di FK Unissula ada 12. Organisasi yang bisa dimasuki oleh 3 prodi di FK Unissula adalah BEM FK Unissula, DPM FK Unissula, BAI FK Unissula dan LPM TRANSFERIN FK Unissula. Sedangkan organisasi khusus prodi ada HMPK FK Unissula (Kedokteran Umum), HIMADA FK Unissula (Kebidanan), HIMA-FARMA FK Unissula (Farmasi). Lalu organisasi khusus prodi kedokteran umum yang lain ada PSFK Unissula, Enchepalon FK Unissula, MSC FK Unissula, Medivo FK Unissula dan Mapadoks FK Unissula.
     Selain menjadi pengurus Organisasi, kalian yang masuk kedalam pengurus angkatan atau asisten laboratorium juga dapat mengajukan SKK. Poin yang akan kalian dapatkan seperti berikut ini:

Pengurus inti : wakil ketua, bendahara, sekretaris dan ketua divisi, mentri atau ketua bagian.
BSO (Badan Semi Otonom) : LPM TRANSFERIN, MAPADOKS, BAI, MSC, ENCHEPALON, PSFK, dan MEDIVO
HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) : HMPK, HIMADA dan HIMA-FARMA

        Heh, jadi peserta magang organisasi aja dapet SKK lo!!

Menjadi Panitia atau Peserta Kegiatan
        Panitia atau peserta ? yang harus kalian tahu, SKK panitia lebih banyak daripada peserta. Jadi kamu boleh memilih ingin jadi peserta atau panitia. Jika kamu memilih panitia syarat lainnya kamu harus menjadi pengurus organisasi terlebih dahulu, karena kegiatan di FK Unissula biasanya diadakan oleh ormawa di FK Unissula.
        Eitzz.. tapi panitia Unissula Medical Cup (UMC) biasanya tidak ada syarat harus pengurus PSFK sih!

        Kegiatan lain selain workshop atau semianar yang banyak mendapatkan SKK adalah Study Banding!!. Tapi ya kamu harus jadi pengurus organisasi yang mengadakan kegiaan study banding. hehe

Lain-lain
    Sebenarnya masih banyak kegiatan yang bisa mendapatkan SKK, seperti : PKM, exchange, olimpiade, mahasiswa berpretasi, donor darah, dan kontributor jurnal ilmiah. Kamu harus mengajukan mandiri secara individu untuk kegiatan tersebut. Berbeda dengan kegiatan yang diadakan oleh ormawa FK Unissula, pasti sudah diajukan oleh ormawa yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.
         Lalu bagaimana caranya mengajukan SKK ke BEM FK Unissula??? 
email : bkskk.bemfkunissula@gmail.com
Narahubung BKSKK BEM FK disini

        "Oh iya! mungkin ini yang berlaku di S1 kedokteran umum ya! sedangkan di farmasi dan kebidanan sistemnya berbeda." kata Hirza, pengurus BKSKK BEM FK Unissula.
        Sekian ya teman-teman, sabar aja untuk mendapatkan SKK, BKSKK BEM FK Unissula juga mahasiswa, jadi mereka butuh waktu juga untuk menginput SKK kalian ke SIA.